Selasa, 21 Juli 2009

Penerapan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas III Semester 2 SD Patalan 3 Blora

ABSTRAK

Arofah,Siti.2009.Penerapan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas III Semester 2 SD Patalan 3 Kecamatan Blora Kabupaten Blora.Program Studi S1PGSD Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga.

Dra Deasy Khristina R.S, M.Pd (pembimbimg I), Herry Sanoto, M.Pd (pembimbing II)

Kata Kunci : Metode Demonstrasi, Hasi Belajar IPA

Rumusan masalah yang dibahas dalam penelitian ini dinyatakan dalam bentuk pertanyaan yaitu apakah dengan metode demonstrasi dapat meningkatkan Hasil Belajar IPA pada siswa kelas 3 Semester 2 SD Patalan 3 Kecamatan Blora Kabupaten Blora? Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Hasi Belajar IPA dengan menerapkan metode demonstrasi bagi siswa kelas 3 semester 2 SD Patalan 3 Kecamatan Blora Kabupaten Blora. Berdasarkan tujuan tersebut hipotesis dalam penelitian ini adalah metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil Belajar IPA siswa kelas 3 semester 2 SD Patalan 3 Kecamatan Blora Kabupaten Blora Tahun Ajaran 2008/2009.

Instrumen yang digunakan dalam PTK ini terdiri dari observasi, dan soal tes. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 3 yang berjumlah 26 anak. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah terjadi peningkatan ketuntasan hasil evaluasi siswa terhadap pemahaman dengan materi Gerak Benda. Peningkatan ketuntasan belajar siswa tersebut terjadi secara bertahap, dimana pada kondisi awal hanya terdapat 10 siswa yang telah tuntas dalam belajarnya, pada Siklus I ketuntasan belajar siswa meningkat menjadi 15 siswa yang telah tuntas, dan pada Siklus II ketuntasan belajar siswa menjadi 100 %. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas 3 semester 2 SD Patalan 3, Kecamatan Blora Kabupaten Blora Semester 2 Tahun Ajaran 2008/2009.

Dari hasil penelitian tersebut hendaknya sebagai seorang guru mampu mengelola proses pembelajaran dengan menerapkan metode yang pas dengan materi, salah satunya dengan metode demonstrasi. Dan dalam proses pembelajaran hendaknya dikaitkan dengan dunia nyata anak supaya materi pelajaran akan mudah dipahami oleh anak.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar